Yeah Singapore Trip!

2:22 AM

Hi!
Sesuai sama judul dari postingan kali ini gua akan bahas tuntas pengalaman gua traveling ke Singapore!! Finally bray gua ke luar negeri HAHAHAHA *please deh gua emang norak, soalnya kalo gak norak ya gak gua*. And buat kalian semua yang mau tau gimana sih gua bisa berangkat kesana dan butuh biaya berapa plus gua kasih juga nih tips nabung ala gua supaya kalian bisa ikutin jejak gua main-main dan jalan-jalan tanpa pake duit orang tua ;D So check this out......
Jadi gua ke Singapore itu berangkat tanggal 10 May 2016 dan balik lagi ke Indonesia pada tanggal 13 May 2016, lumayan lama lah ya. Oia trip ini sebenernya udah di rencanain dari 1 tahun sebelumnya. Kebayang dong nunggunya kayak gimana? Gak sabar banget! But disitu serunya sih soalnya kita jadi deg-degan plus bisa nyiapin dana banyak buat berangkat.
Untuk paket trip sendiri kemarin gua habis SGD$ 320 (sekitar Rp.3.148.800,- berdasarkan kemarin nuker di Money Changer, tapi bakal berubah nilainya setiap hari ya) dimana dari dana tersebut udah termasuk tiket pesawat pulang-pergi (BDO-SIN & SIN-BDO), penginapan (Hostel), dan semua tiket masuk wahana yang bakal kita kunjungin. Sedangkan untuk makan, belanja, dan bagasi itu di bebanin ke kita masing-masing.
Gua flight dari Bandung-Singapore dan sempet delay gitu pesawatnya 1 jam -_- Tapi gak apa-apa yang penting berangkat ya hahahha. And disinilah semuanya berawal...
Iye tau gua sok imut
Ini pas mau flight, yang belakang pada seneng gitu gua pergi
Gile kan baru di pesawat aja udah alay, kebayang ya tar selanjutnya foto-foto akan sebanyak apa -_- But sepanjang flight itu bener-bener smooth dan gak ada yang aneh-aneh gitu, jadi aman banget. Oia gua pake Air Asia buat pulang dan perginya.
Yap! Inilah teman sebangku gua, btw gua kayak anaknya juga ya
Kece parah kan awannya!
Perjalannya sih gak lama, cuma 1 setengah jam aja, dan kebetulan Indonesia dan Singapore itu cuma beda 1 jam doang jadi ya gak mungkin jetlag kan. And you know what! Anjir ini sumpah Singapore panas banget! Gua sering panas-panasan, main ke Jakarta juga jalan dikit udeh keringetan kayak abis lari, tapi ini sumpah dah lebih-lebih panasnya. Nyelekit gitu di kulit. So gua saranin buat kalian yang bakal kesana, please banget harus pake sunblock kalo kalian gak mau belang dan jangan sampe lupa juga untuk bawa tumbler buat minum biar gak dehidrasi. Disana tersedia air minum gratis jadi kalian wajib banget bawa tumbler ya.
Pas nyampe kita langsung foto-foto, ya secara gitu kita norak dan alay jadi bentar-bentar foto hahaha. Kebetulan juga ini airport-nya gede banget plus ada kayak photo booth gitu lah jadi lumayan buat menuhin kamera.
Finally nyampe juga, and inilah Changi Airport
Susah ya kalo perginya sama orang yang alay juga, jadi kita bentar-bentar foto hahaha
Abis puas foto-foto, kita langsung bersiap ke Hostel buat istirahat, Dan kebetulan Hostel kita itu jauh dari airport jadi harus naik MRT (Mass Rapid Transit) ya semacam kereta bawah tanah gitu yang super cepat. Untuk bisa naik MRT kita harus punya dulu tiketnya buat di scan pada saat di station. Ada 3 jenis (kalo gak salah) tiketnya, pertama buat yang sekali pake aja atau disebutnya Standard Ticket dan kita bisa beli di mesin mirip ATM gitu dan tinggal masukin station mana yang kita tuju terus masukin juga uang sesuai total di mesin. Kedua, ada tiket yang biasa di pake orang-orang disana jadi gak perlu antri buat beli yang sekali pake karna itu bisa di pake terus tapi kita tinggal Top-Up aja yaa semacam isi saldo gitu lah. Ketiga, nah yang ini gua pake selama disana yaitu Singapore Tourist Pass dimana kita tinggal ke counter tiket di station, biasanya suka ada terus siapin SGD$ 10 buat deposit dan akan dikembaliin pas kita tuker di hari terakhir.
Standard Ticket
Singapore Tourist Pass
Udah selesei urusin tiket, kita langsung nungguin MRT dan bersiap menuju Hostel. Kebetulan Hostel kita di daerah Jalan Besar, dan itu lumayan jauh dari airport. Kira-kira ngelewati 7-8 station kalo gak salah dan kita turun di Lavender. 
Geng alay memulai alay lagi
Gua ko mirip gembel -_-
Dan setelah nyampe di Lavender, kita makan dulu baru lanjutin jalan ke Hostel. Kebetulan di stasion situ ada Nasi Padang dan udah laper banget jadi beli itu aja, tetep ya jauh-jauh ke Singapore makan mah Nasi Padang juga -_- Setelah makan kita lanjutin lagi perjalanan ke Hostel dimana Hostel itu lumayan banget jalannya kalo dari station. Kebayang dong kita bawa-bawa koper plus jalan jauh? Dan gua saranin kalian kalo mau kesini wajib banget fit! Karna kebanyakan jalan kaki terus, keringetan, capek, haus, dan panas banget. Oia lupa, kalian jangan pernah manja karna sesungguhnya jalan-jalan itu gak seenak yang kalian bayangin! Ya kecuali kalo duitnya banyak sih silahkan aja naik taxi biar gak capek.
Jangan lupa ambil maps supaya gak nyasar ya!
Setelah nyampe di Hostel, kita semua istirahat dulu plus beresin barang bawaan supaya teratur. Kebetulan gua lupa foto kamarnya, sorry banget ya! Tapi karna itu Hostel yang buat Traveler jadi 1 kamar itu bisa diisi 6 orang dengan tempat tidur yang tingkat gitu, enak lah gak perlu beda kamar plus kalo mau kordinasi jadi gampang. Oia jangan lupa buat bawa International Plug/Travel Plug ya! Jadi kalian bisa nge-charge gadget kalian tanpa ribet nyari-nyari lagi disana. Harusnya sih siapin dari pas di Indonesia biar gak ribet. 
Ini view yang ada di depan Hostel
Liat kan jalanannya gak macet
Selesei istirahat ktia langsung siap-siap untuk jalan-jalan ke tempat pertama. Hari pertama itu ngunjungin Gardens By The Bay dulu sama nonton pertunjukkan air mancur gitu di daerah Marina Bay. Dari Hostel kita berangkatnya nyobain naik bus dan kebetulan haltenya di samping Hostel jadi gak jauh deh.
Ini di dalem bus, kebetulan dapet bus tingkat jadi duduk di atas biar dapet view lebih luas
Akhirnya nyampe, tapi kita harus jalan dulu ke Marina Bay dan sepanjang jalan kita foto-foto juga. Sumpah ya disana bener-bener tertib banget dan teratur. Gua gak nemu orang nyebrang jalan sembarangan, buang sampah sembarangan, ngelanggar rambu lalu lintas, dan bahkan gak ada polisi yang bertugas di jalanan karna mungkin saking aman dan tertibnya. Coba ya di Indonesia bisa kayak gini, pasti enak banget deh gak macet dan gak kacau gitu jalanan. Oia orang-orang disana lebih banyak yang pake MRT atau bus gitu, soalnya motor atau mobil pribadi kayaknya bener-bener mahal banget jadi jarang ngeliat kalo di jalan.
Ini di pinggir jalan abis turun bus
Setelah jalan akhirnya kita nyampe juga di Marina Bay, dan itu dia yang jadi tujuan orang-orang kalo ke Singapore. Keren banget sumpah karna disini bener-bener dapet banget image Singapore-nya.
Gardens By The Bay di sore hari
Pasti apal dong itu yang dibelakang apaan
Ini versi malemnya
Nah ini udah mulai menjelang malem
Kita main-main disana sampe malem, targetnya sih liat pertunjukkan lampu-lampu plus musik gitu di Gardens By The Bay. Oia kalo kalian mau naik ke Skyway cukup bayar SGD$ 8 dan kalian bisa di atas Skyway selama 15 menit. Waktu yang paling pas itu pada saat sunset, itu sumpah keren banget!
Tiket untuk naik nih
Kece kan?
Setelah puas foto-foto dan liat Singapore dari atas, kita pun turun buat siap-siap nonton pertunjukkan. Untuk videonya kalian bisa liat di Instagram gua ya, bakal di upload juga kok di Youtube untuk versi lebih lengkapnya.
Kayak gini lah pokoknya, tapi harus liat video sih biar jelas
Udah puas main-main di Gardens By The Bay, kita lanjut buat nonton pertunjukkan air mancur dan laser. Deket sama Mall di Marina Bay, dan untuk lebih jelasnya bisa cek videonya di Instagram gua. Setelah nontonin air mancur dan laser kita langsung ke station lagi buat balik ke Hostel.
Hari kedua nih yang paling gua tunggu banget soalnya bakal ke Universal Studios Singapore! Aaaaa akhirnya gua akan merasakan roller coaster baru lagi dan bener-bener bikin gua penasaran. Ya jujur aja sih gua ngincer banget roller coaster karna kalo main-main ke Theme Park gitu pasti yang selalu jadi jadwal utama gua roller coaster hahahaha penantang yang amat songong emang ya. 
Kebetulan kita kepagian, jadi foto-foto dulu sebelum menuju USS.
USS di sebrang sono noh yang di belakang
Yoi akhirnya kita naik lagi semacam monorail gitu buat menuju ke Sentosa karna USS ada disana. Oia monorail-nya lucu-lucu banget warnanya pastel gitu. Untuk naik monorail-nya kita juga perlu tiket yang harus dibeli, kebetulan ini udah termasuk dalam paket trip.
Kertas gini doang tapi ternyata makenya di scan loh
Gak perlu waktu lama karna gak jauh juga sih nyebrangnya jadi langsung nyampe. Jangan lupa kalian wajib pake topi, panasnya parah banget karna di daerah Harbour gitu.
Wihiii akhirnya!
Oia tiket USS juga udah termasuk di paket trip ya, jadi tinggal kita kasih aja ke petugasnya deh. Berhubung biasa main Theme Park yang di Indonesia dan gak terlalu banyak wahananya, ya jadi ekspektasi gua gak tinggi-tinggi banget sih. Eh tapi pas masuk ternyata bener-bener ini gak main-main, rasanya malu sendiri kalo mau di bandingin sama Theme Park di Indonesia. Bukannya ngerendahin tapi beda aja kelasnya jadi keliatan, intinya bener-bener bikin tempat mainan yang gak main-main! (apasih ribet gini bahasnya).
Jangan lupa maps ya! Biarin kaya Dora juga yang penting gak nyasar!
Lalu kita mulai menyerbu deh semua wahana yang ada. Pokoknya ngikutin alur aja sih kita dan salah satunya tuh Water World. Water World ini pertunjukkan action gitu, dan sumpah keren abis! Kalo kalian ke USS harus kesini ya, sehari cuma tampil 2x doang soalnya.
Ini wahana Water World
Gila kan ada istana gini di dalem!
Udah hampir setengah wahana yang kita mainin akhirnya kita break dulu buat lunch. FYI disana makanannya lumayan banget harganya di banding di luar, ya ada lah 2-3x lipat dari harga makanan di luar tapi gak apa-apa ko sekali-kali kan ya.
Ini kita lagi makan
Abis makan kita lanjut lagi buat main, dan yang jadi tujuan kita itu adalah Transformer! Jadi itu campuran dari roller coaster plus 5D theater gitu. Pokoknya ini keren parah, parahnya parah banget! Gua aja sampe naik 2x hahaha. Soalnya bener-bener keren banget!!!
Euy si abang meuni gede pisan
Dan abis itu gua naik roller coaster yang gua incer banget! Gak bisa di videoin soalnya gak boleh -_- Yekali lu mau bawa-bawa kamera disaat lagi di jungkir balik gitu. Jadi roller coaster-nya itu ada 2, yang jalur merah disebut Human dan jalur biru disebut Cylon. Gua naiknya yang ringan dulu aja si jalur merah, dan bener deh ternyata gak deg-degan banget, cuma di awal aja. Udah gitu langsung ke roller coaster kedua, eh si kampret ternyata kaki kita ngegantung loh alias gak ada alas! Udah gitu ini lebih serem di banding yang sebelumnya, lebih ngebut, lebih meliuk-liuk, dan lebih extreme! Parah ini bener abis naik pertama langsung di gempur kedua, rasanya itu jantungan yang berkelanjutan hahahaha. Wajib banget yang suka songong kayak gua buat naik ini!
Udah hampir semua di naikin ternyata masih ada 1 wahana yang ketinggalan yaitu Mummy Return :( Sedih banget, katanya itu roller coaster juga cuma indoor eh tapi keburu tutup deh USS-nya. Berarti gua masih ada utang harus kesini lagi! Pas siang kita lunch itu ujan sih lumayan lama makanya abis waktu disitu. Yaudah lah berarti next kesini lagi dan mungkin kalian kalo pada mau ikut bisa bareng sama gua.
Sebelum ninggalin USS kita sempetin dulu buat liat-liat merchandise original dari USS. Gua sempet beli 1 gantungan kunci bentuk bola yang bisa nyala dan ada tulisan USS-nya, dan itu mahal banget -_- Iyasih emang original dan gak bakal kalian temuin di luar USS, tapi bener-bener deh nguras kantongnya.
Mungkin ada  yang penggemar berat Minions?
Keren banget!
Abis dari USS kita lanjut buat nonton Wings Of Time. Yap! Lagi-lagi pertunjukkan air mancur dan laser gitu. Tapi yang ini jauh lebih keren dari yang sebelumnya di Marina Bay. Karna ini bayar (tiketnya udah termasuk dari paket trip) jadi ini bener-bener lebih megah. Gua nontonya bener-bener fokus karna ini keren banget, jadi gak sempet fotoin tapi gua videoin ko cek aja ya di Instagram.
Ini tiketnya
Masuk ke hari ketiga dimana hari ini kita di gempur untuk jalan-jalan ke Japanese Garden plus waktunya belanja! Ternyata ya main di Japanese Garden gak seindah main di kebun-kebun ala FTV, why? Ini sumpah panasnya parah. Dehidrasi banget dan nyelekit gitu ke kulit saking panasnya. Saran nih ya jangan pake baju warna item, jangan lupa sunblock, bawa tumbler, pake topi, bawa anduk kecil atau tissu banyak buat ngelap keringet, dan yang rambutnya panjang wajib diiket! Kalo udah semua diikutin, yaa selamat bergosong ria ya hahaha.
Di jembatan nih
Banyak gaya bener


Keren sih tapi panasnya itu loh...
Ini center utama, bisa masuk dan ada 6 lantai
Ini dia tangganya, silahkan kalo kuat mah :')
Banyak bunga-bunga~
Nah ini namanya Twin Pagodas
Setelah melalui cobaan panas ini, akhirnya gua ngadem di station sambil nungguin MRT buat ke Bugis Street dateng. Nah gua beli Milo Ice Cream nih, belum ada di Indonesia dan rasanya enak loh. Oia ini halal ko, ada labelnya.
Mengademkan hati eh tenggorokan
Sambil nungguin MRT, si bapak ini malah promo Yoga Everywhere -_-
FYI di Singapore itu bener-bener orangnya pada individual banget. Jadi masing-masing gitu deh, bahkan di MRT aja semua sibuk sama gadget masing-masing. Kayaknya yang sibuk ngobrol dan berisik cuma kita doang, ketauan banget ya orang Indonesia-nya karna rempong sendiri. Bahkan gua sama salah satu temen gua nyanyi-nyanyi seriosa di station, nari-nari balet di USS pas ujan, terus ngelakuin yoga di tengah-tengah banyak orang di dalem MRT juga gak ada yang ngeliatin dan peduli! Parah kan orangnya bener-bener "Lu Lu Gua Gua". Tapi dari situ gua jadi sadar, emang sih Indonesia belum maju kayak Singapore, belum tertib semua rakyatnya, belum bisa serba cepet dan gak macet, tapi orang Indonesia itu ramah! Pantesan aja banyak orang luar bilang kalo orang Indonesia itu ramah, ya gak kenal aja kalo di angkot suka kepo nanya-nanya ke orang yang duduk di sebelah dengan basa-basi gak penting cuma biar ada bahan pembicaraan atau emang kepo aja. Kadang udah tau pake jam, atau udah tau angkotnya kemana tapi masih nanya juga, biar gak sepi mungkin ya? Tapi dari situ gua ngerasa bener juga kalo orang Indonesia itu ramah, gak malu gitu buat nanya dan ngobrol duluan. Dan gua bangga jadi orang Indonesia, karna orang Indonesia itu ramah!
Nah sekarang waktunya belanja!! Pertama kita ke Bugis Street dulu nyari oleh-oleh. Tips nih ya kalo di Bugis Street kalian jangan beli makanan, karna disini mahal. Yang murah disini itu lebih kayak jam tangan, totebag, tumbler, mug, dompet, dan pokoknya barang deh. Oia gantungan kunci juga jangan beli disini, mahal soalnya. Jangan beli kaos-kaos gitu juga ya, soalnya itu sebenernya Made in Indonesia dan harganya masih lebih murah di Indonesia.
Ini sih di Mall, tapi kalo mau yang murah beda lagi ada deket-deket sini pokoknya
Nemu ini di Bugis Street, apartment kayaknya tapi ko lucu ya tangganya?
Lanjut dari Bugis Street kita break dulu buat lunch di Arab Street. Gak jauh dari situ ada Haji Lane yang sempet gua kira isinya orang Arab semua yang udah haji, ternyata salah banget -_- Justru ini isinya lebih ke distro dan cafe gitu, ini ternyata gang.
Dimana letak bapak-bapak Arab yang udah Haji coba? Ngaco bener gua
Isinya distro sama cafe gitu
Abis ini kita langsung ngejar ke Melion, yekali ke Singapore gak foto sama Merlion hahaha. Lumayan sih balik lagi ke station dan naik MRT ke Marina Bay, lalu kita puas-puasin foto-foto disana.
Tuh doi lagi bagi-bagi air
Walopun hutan beton tapi tetep keren
Rame bener orang-orang pada foto disini
Jadi ini bukan gua yang mau, tapi disuruh foto begini -_-
Puas foto-foto di Merlion, kita langsung ke MRT station lagi buat lanjut belanja di China Town! Nah disini baru kalian bisa belanja sepuasnya, beneran deh. Soalnya murah banget, dapetnya banyak, dan unik-unik gitu. Disini gua beli gantungan kunci SGD$ 10 dapet 42pcs, kurang keren apa coba gua hahaha. Berhubung namanya China Town jadi emang sih lebih banyak dan lebih dominan jualan baju-baju China dan segala rupa yang berhubungan dengan China. Tapi tetep paling murah disini.
Ke China Town udah, sekarang waktunya ke Orchard Road. Disini buat kalian yang mau belanja barang-barang bermerek dan gak nemu di Indonesia. Kalo harga sih lumayan lah beda 200.000-500.000an sama di Indonesia, terus ada beberapa model yang emang gak masuk ke Indonesia. Itulah dia kenapa banyak orang Indonesia suka belanja di Singapore, selain harganya lebih murah ternyata modelnya beda sama yang ada di Indonesia. Oia kalo di Singapore ya ada yang namanya Refund gitu, nanti kalo kita belanja total SGD$ 100, kita bisa dapet refund 7% dari total yang kita belanjain. Lumayan banget lah! Dan untuk Refund nanti kita bisa tuker di airport sebelum pulang.
Udah muter-muter di Orchard Road, kita lanjut ke Mustafa. Nah disini baru kalian bisa belanja coklat dan permen sepuasnya!!! Karna murahnya kebangetan, beda jauh sama di Bugis Street dan China Town. Gua belanja disini beli segala macem coklat, permen, dan makanan ya kira-kira abis SGD$ 40. Karna gak banyak juga sih beli coklatnya berhubung gua kalo makan coklat kebanyakan suka enek gitu jadi ya beli buat keluarga aja di rumah. Gua kasih saran nih buat kalian kalo kesini coba beli Kinder yang Happy Hippo, ini sumpah enak banget dan belum ada di Indonesia.
Wajib di beli nih, enak banget dan pokoknya enak!
Akhirnya belanjaan kita udah banyak banget dan kita bersiap balik ke Hostel deh. Huft gua inget banget itu disana jam 1 pagi masih di Mustafa buat belanja! Kebayang dong besoknya gua flight jam 11 siang, mau tidur berapa jam gua? Ya ampun hahahah. Dan ternyata gua nyampe Hostel sekitar jam 2-an, itupun harus mandi dan bersih-bersih dulu karna keringetan banget plus capek. Yaa selesei jam 3-an lah baru tidur deh, bangun-bangun jam setengah 8 pagi langsung siap-siap buat ke airport.
Last day nih, kita semua beres-beres dan bersiap balik ke Indonesia. Abis breakfast kita langsung Check Out dari Hostel dan jalan menuju station buat naik MRT ke airport. Huhu sedih banget, rasanya belum puas jalan-jalannya tapi emang udah harus pulang. Dan kita nyampe di airport sekitar jam 10-an. Disana ada beberapa store gitu jadi masih belanja lagi buat yang belum kita dapetin sekalian juga ngambil Refund kan lumayan hahaha. Oia store disini gak ada pajaknya loh, jadi kebayang kan murahnya!
Nungguin yang pada ngambil Refund
Rada sepi gini ya
And gua sempet sedih banget pas lagi cek barang ternyata ada 3 barang gua yang disita :( Yaitu body lotion, soft lens liquid sama deodorant gua and you know what itu semuanya baru gua pake dikit kecuali body lotion. Katanya gua terlalu banyak bawa liquid jadi gak boleh, kalo mau gua ambil harus bayar denda berapa juta gitu. Yaelah gua masa harus bayar berapa juta cuma buat body lotion, deodorant sama soft lens liquid doang sih -_- Akhirnya dengan terpaksa gua tinggalin.
Tiba juga nih pesawatnya, kitapun mulai masuk dan bersiap balik ke Indonesia. Huh kangen ikan asin sama sambel terasi men! Gak nemu gua dimari.
Warteg aku datang~
Sedikit tips nabung buat kalian yang pengen jalan-jalan tanpa minta duit ke orang tua:
  • Punya celengan yang gak bisa di bongkar, contohnya celengan kaleng atau tanah liat
  • Targetin sesuatu supaya ada motivasi buat nabung
  • Usahain stop jajan dan belanja yang gak perlu-perlu amat, inget target
  • Kalo ketemu uang nominal gede mending langsung masukin ke celengan biar nominalnya cepet banyak
  • Sering-sering nambah job tambahan kayak freelance gitu sesuai yang kalian bisa dan ada bayarannya, hasil bayaran jangan di jajanin tapi langsung masukin celengan
  • Nabung paling telat 6 bulan sebelum berangkat, bagusnya sih 1 tahun sebelumnya biar rada nyantai
  • Tulis di smartphone lu sebagai goal yang harus lu capai, atau kalo perlu tulis di kertas dan tempelin di deket celengan lu biar makin semangat
  • Rajin browsing si target biar makin termotivasi buat nabung
Selain tips nabung, gua juga mau kasih rincian pengeluaran biaya nih ya:
  • Makan selama di Singapore itu bisa nyampe SGD$ 25/day, itu kalo kalian hemat ya tapi beda lagi kalo mau makan yang mahal mah 
  • Belanja kemarin cuma abis sekitar SGD$ 60, itu juga gak banyak-banyak karna udah tau apa yang mau di beli
  • Bikin paspor itu gua lewat online dari website resminya imigrasi, cek disini dan cuma keluar duit Rp.365.000,- (antriannya lebih cepet dan dak ribet bolak-balik karna lcukup pas interview sama ambil paspor aja)
  • Bawa uang ke Singapore buat makan, jajan dan belanja itu SGD$ 290, itupun pulangnya masih nyisa SGD$ 85 lagi kan lumayan di tuker
  • Kalo di jumlah kasar sih gua itu abis sekitar Rp.5.000.000,- udah termasuk semuanya 
Oia jangan lupa juga yang harus jadi perhatian kalian nih ya:

  • Bawa tumbler buat minum, karna disana disediain air minum gratis
  • Bawa topi, sunblock dan hindari pake baju warna item karna panasnya bener-bener nyelekit ke kulit
  • Bawa International Plug/Travel Plug, gua dapet di toko elektronik pinggir jalan harganya Rp.35.000,-
  • Bawa pulpen, karna pas kita keluar negeri bakal ngisi form gitu buat identitas kita dan keamanan juga
  • Usahain badan kita fit, karna bakal capek banget
  • Bawa obat-obatan pribadi buat jaga-jaga
  • Jangan misah dan jangan ngaco sendiri
  • Jangan terlalu banyak bawa liquid ya, nanti kayak gua disita
  • Jangan pake heels atau wedges, pake sepatu flat aja karna kalian harus senyaman mungkin, jangan gaya-gayaan tar malah capek karna jalan terus
  • Usahain bisa bahasa Inggris ya minimal buat ngobrol gitu takut kenapa-napa
  • Taati semua aturan yang ada, inget ya kita di negara orang
  • Jangan mikir lama kalo mau belanja, beli apapun yang kalian mau karna disini waktunya bales dendam hasil nabung!
Kira-kira begitulah semua ulasan lengkap perjalanan gua ke Singapore, dan thank you banget buat yang udah baca! Kalo masih bingung, kepo, atau bahkan mau ngajakin trip bareng jangan sungkan mention gua lewat Twitter atau comment di salah satu foto gua di Instagram. Gua akan sangat welcome menjawab ko. Oia mudah-mudahan abis baca ini kalian jadi tergerak hatinya buat traveling juga, lebih bagus lagi kalo bisa nyampe ke luar negeri kan? Semangat ya nabungnya dan inget kita cuma hidup sekali doang, jadi abisin masa muda kita buat tau lebih banyak, belajar lebih banyak, berteman lebih banyak, dan berpetualang lebih banyak ya.
See ya!

You Might Also Like

0 komentar

Instagram

Twitter

E-Mail

E-Mail